Jumat, 10 Juni 2011


BAB III
TUGAS PENDAHULUAN

1.      Apa yang perbedaan antara Induk Kelas dengan Kelas Turunan?
2.      Jelaskan keyword super dan extends dalam Pewarisan?

Pembahasan:

  • Induk kelas (super class )  : kelas yang letaknya diatas kelas tertentu dalam hierarki. Kelas Turunan (subclass ) : kelas yang letaknya dibawah kelas tertentu dalam hierarki.
Contoh penggambaran superclass dan subclass
 Dapat dikatakan bahwa Buku merupakan subclass dari Bahan Bacaan, dan Bahan Bacaan adalah superclass dari Buku. Proses superclass dan subclass ini adalah aspek organisasional penting dari rancangan pemrograman berorientasi obyek. Teknik ini memberikan significant reuse code dan membuat sistem lebih mudah dikembangkan.Keuntungan ini bertambah karena fakta bahwa perilaku obyek
dapat menurun (inherit) dari induknya dalam hirarki Suatu class hanya dapat diturunkan dari satu class induk. Java hanya mengijinkan single inheritance, tidak multiple.

  • Keyword Super digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass. Pemanggilan super ( ) hanya dapat digunakan di dalam constructor, hanya constructor yang dapat menjalankan constructor. Jika digunakan, super( ) harus menjadi pernyataan pertama di dalam body constructor subclass. Jika pemanggilan super( ) diabaikan di dalam class turunan, Java memanggilnya secara implisit agar ruang memory untuk atribut-atribut turunan segera dialokasikan.
Keyword extend merupakan keyword  yang  harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass. Salah satu kelebihan dari keyword extend  adalah relatif mudah dalam pengembangan system yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar