Jumat, 27 Mei 2011


Class dan Object
Perbedaan Class dan Object

Class adalah sebuah  konsep OOP  yang digunakan untuk  mencapsulasi /membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas . Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misal templet, pola, cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama.
Objek adalah digambarkan sebagai benda, orang, tempat, dan sebagainya yang ada didunia nyata yang penting bagi suatu aplikasi objek mempunyai attribut dan method.
Attribute adalah menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana attribut tersebut berada.
Method adalah prosedur atau fungsi yang bergabung dalam objek bersama dengan attribut. Method ini digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut.

Kelas

Kelas sebagai template/prototipe dari objek
Kelas mendefinisikan tipe dari objek
Merupakan struktur dasar dari OOP
Salah satu kelebihannya adalah reusable yaitu programmer dapat menggunakan sebuah kelas berulang kali untuk membuat banyak objek
Dua tipe anggota kelas
Field (property atau attribute)
Field adalah variabel data
Menentukan tipe data yang digunakan oleh kelas
Method
Merupakan bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau method lain untuk melakukan suatu fungsi tertentu
Mendefinisikan aksi yang dapat diterapkan pada objek

Objek

Terdiri dari:
kumpulan data (property), berupa variabel yang menentukan karakteristik sebuah objek
beberapa method yang menjelaskan bagaimana bentuk objek
Objek adalah sebuah instans dari kelas

Untuk dapat membedakan antara class dan obyek, mari kita mendiskusikan beberapa
contoh berikut ini. Kita memiliki sebuah class mobil dimana dapat digunakan untuk
medefinisikan beberapa obyek mobil. Pada tabel dibawah, mobil A dan mobil B
adalah obyek dari class mobil. Class memiliki field nomor, plat, warna, manufaktur
dan kecepatan yang diisi dengan nilai pada obyek mobil A dan mobil B. Mobil juga
dapat berakselerasi, berbelok dan melakukan rem.
Ketika diinisialisi, setiap obyek mendapat satu set variabel yang baru. Bagaimanapun,
implementasi dari method dibagi diantara objek pada class yang sama. Class
menyediakan keuntungan dari reusability. Programmer perangkat lunak dapat
menggunakan sebuah kelas beberapa kali untuk membuat banyak objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar